Workshop sebagai Bagian dari Proses Pembelajaran

Pendidikan menurut UU No. 20 tahun 2003 Pasal 13 ayat 1 pada hakikatnya adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar warga belajar secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat, bangsa, dan negara. Usaha sadar dan terencana ini dapat dilaksanakan melalui jalur pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan informal.

Salah satu jalur pendidikan yang berkaitan dengan orang dewasa adalah pendidikan nonformal. Pendidikan ini bertujuan untuk mengembangkan  kemampuan, memperkaya pengetahuan, meningkatkan kualifikasi teknis, dan jiwa profesionalisme para pesertanya. Proses pendidikan orang dewasa harus mengakibatkan perubahan sikap dan perilaku yang bersifat sebagai perkembangan pribadi, dan peningkatan partisipasi sosial dari individu yang bersangkutan.

Salah satu pendidikan nonformal pada orang dewasa adalah program lokakarya/workshop, dimana metode pelaksanaannya merupakan salah satu bagian dari proses belajar. Dalam kegiatannya, metode belajar orang dewasa yang dipilih harus berpusat pada masalah, menuntut dan mendorong peserta untuk aktif, mendorong peserta untuk mengemukakan pengalaman sehari-hari, menumbuhkan kerjasama, baik antara peserta dengan tutor, dan lebih bersifat pemberian pengalaman, bukan merupakan transformasi atau penyerapan materi.

Hal ini berkaitan dengan penyusunan tahap-tahap kegiatan pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran orang dewasa menekankan pada membimbing dan membantu orang dewasa untuk menemukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam rangka memecahkan masalah-masalah kehidupan yang dihadapinya. Ketepatan penyusunan tahap-tahap pelaksanaan pembelajaran tentu akan mempengaruhi hasil belajar warga belajar.

(Suprayekti & Septyara Dwi Anggraeni, Pelaksanaan Program Workshop “Belajar Efektif” Untuk Orang Tua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *